Baubau Kota Penuh Pesona, Manjakan Dirimu Sekarang

Tidak terasa ternyata sudah lebih 3 bulan saya tidak blogging. Maklumlah, selama masa itu saya sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri menghadapi UN, jadi buat teman-teman semua yang menunggu artikel terbaru dari saya, saya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Pada artikel kali ini, saya akan menulis postingan dengan label AMAZING, karena itu memang sesuai untuk menggambarkan kota saya tercinta, Kota Bau-bau. Sebenarnya kali ini saya ingin memposting artikel dengan judul misteri, tetapi berhubung saya orang Bau-bau, maka saya akan mengambil bagian untuk memperkenalkan kota saya kepada teman-teman semua.

Oke, tanpa basa-basi yang gak jelas, mari kita liat artikelnya....... :)


Wisata Kota Baubau. Kota BauBau adalah tempat yang tepat untuk mengisi liburan Anda. Segala jenis keindahan dapat Anda temui di sini. Tampat-tempat seperti pantai, goa, dan benteng akan Anda temukan di tempat ini. Mungkin hanya sekian persen saja masyarakat Indonesia yang tahu kalau benteng terluas dan terunik di dunia itu ada di Indonesia, tepatnya di kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Benteng Keraton Buton



Benteng peninggalan Kesultanan Buton tersebut dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji yang bergelar Sultan Kaimuddin (1591-1596). Pada awalnya, benteng tersebut hanya dibangun dalam bentuk tumpukan batu yang disusun mengelilingi komplek istana dengan tujuan untuk mambuat pagar pembatas antara komplek istana dengan perkampungan masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan. Pada masa pemerintahan Sultan Buton IV yang bernama La Elangi atau Sultan Dayanu Ikhsanuddin, benteng berupa tumpukan batu tersebut dijadikan bangunan permanen. Dari Benteng kita dapat melihat pemandangan kota Baubau dari ketinggian.  Benteng Keraton ini juga masuk Guiness of Record pada tahun 2006 dan rekor MURI Sebagai benteng Terluas di dunia. Panjang keliling benteng tersebut 3 kilometer dengan tinggi rata-rata 4 meter dan lebar (tebal) 2 meter.

Pantai Nirwana




Pantai berpasir putih dengan hamparan pohon kelapa menambah indahnya wajah pantai ini. Pantai nirwana memiliki pasir putih yang sangat luas dan panjang. Jadi walaupun jauh melangkah beberapa meter meninggalkan tepi pantai, pasir putih nan halus tetap anda rasakan.

Pantai Kamali dan Patung Naga


Ada juga Pantai kamali yang berada dipusat kota yang paling banyak dikunjungi warga kota baubau. Di Eks Buton Beach ini terdapat patung naga sebagai simbol masyarakat buton.

Selain Patung Naga, ditepi pantai terdapat jejeran pedagang kaki lima yang menyajikan minuman khas Sulawesi (Saraba). Minuman yang terbuat dari perasan jahe dan gula merah ini sangat diminati warga kota baubau ataupun pendatang.

Pantai Lakeba
 


Selain itu, jika Anda ingin melihat sunset yang indah dengan pasangan, datanglah ke Pantai Lakeba. Ada banyak resort yang akan menambah keharmonisan Anda dengan pasangan dalam menikmati sunset yang tidak kalah cantik di pantai ini.

Goa Lakasa



Goa Lakasa akan menantang adrenalin Anda. Goa yang terletak 9 kilometer dari Kota Bau-bau ini, mempunyai kedalaman 120 meter. Di dalam goa, terdapat mata air yang mengkristal dan stalaktik dan stalakmit yang indah walau sudah berumur ratusan tahun.

Air Terjun Tirta Rimba


Air Terjun Tirta Rimba berada Sekitar 7 Km dari pusat kota baubau.Sering juga dikenal dengan nama Air Jatuh oleh masyarakat sekitar.

Taman BRI

Di tempat ini, Anda bisa dengan jelas melihat pemandangan lautan yang indah, sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Dan jika Anda di waktu yang tepat, Anda juga bisa melihat aaktivitas di Pelabuhan Murhum yang biasanya padat akan aktifitas transportasi laut.

Wantiro


Sama seperti Pantai kamali, Wantiro juga menawarkan pemandangan yang indah di kala sunset, serta jajanan khas Kota Bau-bau, seperti Saraba, dan berbagai macam gorengan lainnya. Hanya saja Wantiro menawarkan pemandangan yang berbeda dan tidak kalah menariknya dengan Pantai Kamali
Info Tambahan : Jika anda dari jakarta anda bisa menumpang express air atau lion air langsung ke baubau dengan transit di makassar, harga tiket berkisar 800rb hingga 1,5 jt sekali jalan, atau anda juga bisa melalui kota kendari kemudian melanjutkan perjalanan laut menggunakan kapal cepat sagori express ataupun Superjet menuju kota baubau. Untuk penginapan, banyak hotel bertebaran di kota baubau. Dan yang unik ojeg di kota baubau tidak mangkal tapi keliling seperti angkot, jadi anda hanya perlu berdiri dipinggir jalan, dan tidak sampai 10 menit sudah ada yang menawarkan tumpangan untuk anda, jangan takut paling paling Rp.3000...murah kan? yuk jalan jalan !

Sekian tempat-tempat yang saya banggakan dari kota saya. Selain tempat-tempat di atas, Kota bau-bau juga terkenal akan penduduknya yang ramah terhadap wisatawan, serta tradisi masyarakatnya yang masih terasa kental dan tetap terpelihara hingga sekarang.

Saya memang tidak terlahir di Kota Baubau, tetapi saya tumbuh besar disini. Dan ada banyak sekali kenangan yang tidak akan saya lupakan di sini. Saya yakin, suatu saat nanti Kota ini akan menjadi tempat pariwisata yang penting di Indonesia, dan tidak kalah dengan Bali. Dan saya sangat berharap tradisinya akan terus dipertahankan untuk seterusnya.

Saya Cinta dan Bangga pada kota indah ini, Kota Baubau

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel