10 Kemungkinan Lokasi Taman Eden

blogger templates
Salah satu misteri terbesar umat kristen adalah mengenai lokasi Taman Eden. Alkitab adalah sumber utama untuk menemukan lokasi geografis dari taman ini, tetapi sangat sedikit informasi yang diberikan mengenai lokasi taman ini. Dalam Islam Taman Eden disebut juga sebagai Surga Adnin atau Jannatul Adnin.  Mengingat taman itu adalah tempat kelahiran umat manusia dan tempat tumbuhnya pohon pengetahuan tentang baik dan jahat, maka tidak heran jika kita ingin tahu tentang keberadaan taman itu. Berikut beberapa petunjuk yang diberikan oleh Alkitab.

"Sungai mengalir dari Eden untuk mengairi Taman itu, dan dari sana dibagi menjadi empat sungai. Nama sungai pertama adalah Pison, mengalir disekitar Taman Hawila, tempat dimana emas berada. Emas disana sangat bagus. bdellium dan batu krisopras juga ada disana. Nama sungai kedua adalah Gihon, mengalir di sekitar Taman Kusy. Nama sungai ketiga adalah Tigris; mengalir dari timur Asyur. Dan nama sungai keempat adalah Eufrat".


Ada sejumlah klaim tentang lokasi geografis sesungguhnya dari Taman Eden, meskipun beberapa memiliki sedikit atau bahkan tidak berhubungan sama sekali dengan Alkitab. Kebanyakan menempatkan Taman ini di suatu tempat di Timur Tengah, tapi daftar ini menunjukkan lokasi yang mungkin tidak jadi pertimbangan Anda. Inilah daftarnya.....

Jackson County, Missouri, USA


Anggota gereja yesus kristus dari orang-orang kudus percaya taman eden untuk telah berada di jackson county missouri. Pendiri Gereja Mormon, Joseph Smith, menemukan sebuah lempengan batu yang ia klaim sebagai sisa bangunan yang didirikan Adam setelah diusir dari surga. Taman itu sendiri yang terletak 40 mil di selatan, dekat wilayah kota kemerdekaan. 

Mars

Orang-orang langit, oleh Brinsley LePoer Trench mendeskripsikan bahwa dalam Alkitab menyebutkan tentang sungai yang mengairi Taman dan kemudian terpisah menjadi empat cabang sungai yng tidak konsisten dengan sungai alami. Dia menulis bahwa hanya kanal dapat dibuat mengalir dengan cara ini. Kemudian dia menunjuk ke Planet Mars sebagai lokasi Taman ini karena kanal tersebut terdapat di planet merah ini.

Lemuria

Pada abad ke-19 dikembangkan teori tentang Benua Lemuria yang terletak di samudera Hindia yang menginspirasi nama binatang lemuria, yang diberikan oleh ahli zoologi Philip Sclater dalam artikel "Binatang menyusui dari Madagaskar "dalam The Quarterly Journal of Science. Bingung oleh kehadiran fosil lemur di Madagaskar dan India, tapi tidak di Afrika dan Timur Tengah, Sclater menyimpulkan bahwa Madagaskar dan India pernah menjadi bagian dari sebuah benua besar. Ilmuwan lain juga telah mengusulkan bahwa lemuria adalah tempat kelahiran umat manusia. Karena itu mereka beranggapan bahwa Taman Eden pasti berada di Benua Lemuria.

Praslin Island, Seychelles


Jenderal Charles Gordon mendukung teori bahwa Afrika dan India adalah bagian dari benua yang sama. Selama ekspedisi ia menemukan Pulau Praslin di Seychelles. Dia menjadi yakin ini adalah lokasi Taman Eden, khususnya Valle de Mai. Alasannya didasarkan pada coco-de-mer, sebuah pohon langka, yang hanya ditemukan di salah satu satu pulau Seychelles. Gordon menyimpulkan ini adalah pohon pengetahuan baik dan jahat.

Sundaland


Lokasi lain yang telah disebutkan adalah Sundaland di Laut Cina Selatan. Dalam teori ini, sungai Tigris dan sungai Eufrat saat ini tidak akan menjadi yang dimaksud dalam Alkitab, Tetapi malah sungi ini diberinama seperti dua sungai tersebut, seperti para penjajah yang menamai daerah jajahan mereka mirip dengan daerah ditanah air mereka. Ide ini juga menyelesaikan masalah jelas dalam teori bahwa sungai-sungai ini memiliki sumber yang sama.

Africa


Banyak orang percaya bahwa Taman Eden terdapat di suatu tempat di timur laut Afrika. Bukti yang ditemukan untuk mendukung teori ini termasuk fakta bahwa sisa-sisa manusia tertua ditemukan di Afrika. Dan bahwa Gihon dianggap juga sebagai nama dari Sungai Nil.

Israel


Banyak yang percaya bahwa Taman pasti di Tanah Suci dan sungai asli yang mengalir ke kebun sebelum terpecah menjadi empat sungai terpisah pasti sungai Yordan. Gihon adalah Sungai Nil dan Hawila adalah Semenanjung Arab. Eden juga terikat dengan Yerusalem seperti yang dikatakan oleh Nabi Yehezkiel. Dalam Yehezkiel 28:13-14, ia mencatat, "Anda berada di Eden, taman Allah" .... . " Anda berada di gunung kudus Allah". Dalam tradisi Yahudi dan Kristen, "Gunung Kudus Allah" adalah Mt. Moriah di Yerusalem. (lihat Yesaya 2:02-2:03, Mazmur 48:1-2 e.g.).

Northern Iran


Kemungkinan lain diusulkan oleh arkeolog David Rohl, berdasarkan bukti arkeologi, dia menempatkan Taman Eden di Iran utara. Menurutnya, Taman ini terletak di sebuah dataran luas seperti yang disebut dalam teks-teks Sumeria kuno sebagai Edin, sebelah timur Gunung Sahand, dekat Tabriz. Dia mengutip beberapa kesamaan geologis dengan deskripsi Alkitab, dan beberapa paralel linguistik sebagai bukti. Wilayah itu sekarang dikeliilingi oleh rangkaian pegunungan besar ke arah Utara, Timur, dan Selatan, dan rawa-rawa ke arah Barat. Hal ini sesuai dengan isi Alkitab bahwa Eden mempunyai rawa-rawa di sebelah Barat dan tanah mengangguk ( pegunungan ) di arah Timur, di luarTaman.

Eastern Turkey, Anatolia


Sarjana yang lain menduga Taman Eden terletak di bagian timur dari wilayah yang dikenal sebagai Eden, dan bahwa di Eden, sungai dibagi menjadi empat cabang: Hiddekel (juga dikenal sebagai Tigris), Eufrat, Pison dan Gihon. Identitas Sungai Tigris dan Eufrat sudah diterima secara umum, sedangkan identitas Sungai Pison dan Gihon masih menjadi subyek perdebatan. Jika Taman Eden dekat dengan sumber dari Sungai Tigris dan Eufrat, maka mungkin akan berlokasi di Anatolia, khususnya di dataran tinggi Armenia di Turki Timur.

Southern Iraq


Beberapa sarjana Alkitab percaya bahwa Taman Eden terletak di Sumeria dimana sungai Eufrat dan Tigris bergabung. Tempat ini sekarang terletak di Irak. Mereka menganggap bahwa referensi geografis dalam  waktukejadian mengacu pada Abad kesembilan BC ( sebelum masehi ), sedangkan Sungai Pison dan Gibon adalah anak sungai dari Sungai Eufrat dan Tigris yang telah lenyap.


Sisipan 

6. Tiga Lingkaran Batu Kuno Megalithic

 

Di selatan Turki, tepat di utara perbatasan dengan Suriah, terdapat tiga lingkaran batu megalitik berusia ribuan tahun, lebih tua daripada batu lingkaran Stonehenge. Anehnya, lingkaran-lingkaran batu kuno ini dibangun oleh kelompok pemburu pada masa itu. Sebelumnya, dipercaya bahwa manusia purba tidak mungkin bisa membuat bangunan itu, sampai mereka mencapai taraf kemajuan tertentu.
Ketika ditemukan, lingkaran batu itu dalam keadaan terkubur. Tak ada yang tahu apa alasan atau latar belakang kenapa benda itu terkubur. Namun sebagian orang percaya bahwa Göbekli Tepe dan wilayah sekitarnya adalah awal dari sejarah manusia yakni lokasi Taman Eden sebagaimana yang dikisahkan dalam Alkitab.
di kutip dari www.beritaaneh.com

ada juga artikel  menarik tentang Taman Eden lainnya. Silakan baca di SINI
 

Sekian dulu dari saya........terima kasih dan tinggalkan komentarnya...........











4 Responses to "10 Kemungkinan Lokasi Taman Eden"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Eden sebenarnya terletak di perairan Maluku, sekitar laut Banda dan pulau seram, tempat bertemu semua lempeng dunia, eurasia, indo-Australia dan pasifik, juga tempat bertemu arus bawah laut yang membuat kekayaan biodiversitas di laut Banda dan sekitarnya terkaya di dunia, manusia tidak dapat menemukan Eden karena Tuhan sudah menutupnya dengan air bah, tetapi Eden jelas ada di timur, Indonesia ada di bujur paling timur di dunia, kayu gofir bahan untuk membuat bahtera adalah vitex gofassus yang merupakan spesies pohon endemik yang banyak ditemukan di pulau seram,

    ReplyDelete
  3. Eden sebenarnya terletak di perairan Maluku, sekitar laut Banda dan pulau seram, tempat bertemu semua lempeng dunia, eurasia, indo-Australia dan pasifik, juga tempat bertemu arus bawah laut yang membuat kekayaan biodiversitas di laut Banda dan sekitarnya terkaya di dunia, manusia tidak dapat menemukan Eden karena Tuhan sudah menutupnya dengan air bah, tetapi Eden jelas ada di timur, Indonesia ada di bujur paling timur di dunia, kayu gofir bahan untuk membuat bahtera adalah vitex gofassus yang merupakan spesies pohon endemik yang banyak ditemukan di pulau seram, memang perlu penelitian lebih jauh, tetapi banyak bangsa sudah datang keMaluku untuk menyelidikinya, dekat Eden ada emas, di timur Papua, pulau buru dan p.Wetar memiliki emas yang sudah di exploitasi, tetapi masih banyak yang belum, di pulau seram sendiri banyak tambang emas rakyat, perusahaan nikel, belum lagi di Utara seram penghasil krisopras terbaik di dunia (batu bacan), di seram dan Papua juga terdapat paradise bird, dll yg tidak dapat ditemukan di tempat lain di bumi, di Maluku juga banyak suku yang meninggalkan jejak Mesbah dari batu, seperti yang diceritakan di kitab suci, bahasa daerah yang sama dengan bahasa Ibrani, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peradaban pelayaran dunia juga tidak dapat dipisahkan dari Maluku dan rempah-rempah nya,

      Delete

Blog ini ber PageRank 3. Berkomentarlah yang baik dan relevan. Siapa tahu mas/mba bisa dapat backlink dari blog ini :)