Kitab Suci Iblis

blogger templates

Legenda mengatakan bahwa di sebuah tempat di Republik Ceko, seorang biarawan dikutuk dan dikurung hidup-hidup dalam dinding di sebuah ruangan biara karena beberapa pelanggaran serius terhadap aturan biara.

Ia kemudian membuat kesepakatan dengan atasannya. Dengan satu tangan dan dalam satu malam, Ia akan membuat salinan Alkitab dan beberapa karya ilmiah. Sebuah prestasi yang mengherankan apabila berhasil, Itu akan mendatangkan banyak uang untuk Biara. Jika Ia berhasil, maka ia akan dibebaskan, dan biarawan lain setuju. Dia pun duduk dan mulai menyelesaikan tugasnya.

Tidak peduli seberapa cepat Ia menulis, atau bagaimanapun cara yang Dia gunakan, Dia tahu bahwa dia tetap tidak bisa menyelesaikan tugasnya hingga pagi hari.

Sekitar tengah malam, dengan keadaan tidak sadar Dia membuat perjanjian dengan Setan. Jika pangeran kegelapan dapat menyelesaikan tugas itu, dia tidak hanya mendapatkan jiwa Biarawan itu, tetapi Dia juga dapat memasukkan gambaran dirinya secara besar-besaran dan mengerikan dalam buku itu. Dan Iblis pun setuju.

Keesokan paginya, para biarawan menemukan sebuah buku besar di atas meja dan sang biarawan duduk di depan buku tersebut dan mereka memeriksa dengan cermat. Hal itu memang mengandung isi biarawan yang telah dijanjikan, sehingga dia dibebaskan. Kemudian buku tersebut dinamakan Codex Gigas ("Giant Book") atau Alkitab Iblis.

Para ahli pun berusaha menganalisis kandungan dan makna dari buku unik tersebut. Buku tersebut mempunyai dimensi yang mengejutkan: Tinggi 36 inci, lebar 20 inci, dan tebal 9 inci. Beratnya lebih dari 160 kilogram sehingga buku ini memegang gelar sebagai naskah abad pertengahan terbesar saat ini yang diketahui. Halaman-halamannya terbuat dari kulit keledai atau anak sapi.

Secara misterius, Buku ini sekarang dalam keadaan tidak lengkap. beberapa halaman sengaja dihilangkan untuk alasan yang tidak jelas. Secara misterius, sekarang lengkap. Beberapa halaman dihilangkan sepanjang waktu untuk alasan yang tidak diketahui. Ada yang menduga bahwa halaman-halaman yang hilang hanya berisi aturan dari biara tuan rumah, sementara yang lain percaya mereka mengandung informasi yang terlalu jahat untuk disebarkan. 

Buku ini memang mengandung kedua Perjanjian dalam Alkitab, teks medis, ensiklopedia kuno, dan kalender.  Ada benang dalam kitab tersebut yang dianggap nyata: Ada ilustrasi besar iblis dalam buku itu, dan buku ini tampaknya ditulis 
oleh satu orang juru tulis saja. Terlebih lagi, pada malam itu, di dalam legenda, dimana sang biarawan itu menyellesaikan buku itu, para peneliti berpendapat bahwa untuk menyelesaikan buku itu dalam keadaan normal, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 20 tahun!!!!


Setelah abad ke-13, buku ini tampaknya terus tetap dengan biara lokal sampai 1594, ketika ditambahkan ke perpustakaan Rudolf II, Kekaisaran Romawi Suci. Ia tetap di sana sampai 1648 (pada akhir Thirty Years' War), pada saat itu, buku itu dipindahkan bersama dengan manuskrip lain, dan diambil oleh orang Swedia dan membawanya ke Stockholm.

Ketika kebakaran terjadi di Perpustakaan Kerajaan Swedia pada tahun 1697, buku 400-tahun itu dilempar dari jendela lantai atas dalam upaya untuk menyimpannya, yang menyebabkan beberapa halaman yang ada terlepas dan diterbangkan angin dan mereka tidak pernah kembali.

Meskipun banyak fitur yang unik, buku ini paling terkenal untuk potret setan. Setiap setan yang digambarkan selalu sendirian dan selalu memakan satu halaman penuh. Setan itu juga memakai cerpelai yang pada saat itu hanya disediakan untuk kalangan kerajaan.


Sejarah yang tepat mengenai buku itu tidak pernah diketahui dan halaman-halaman yang hilang mungkin akan hilang selamanya.



DALAM SEBUAH PERTANYAAN PASTI ADA JAWABAN







1 Response to "Kitab Suci Iblis"

Blog ini ber PageRank 3. Berkomentarlah yang baik dan relevan. Siapa tahu mas/mba bisa dapat backlink dari blog ini :)