Teori 2i Gram (Jiwa memiliki Berat)

blogger templates
Pada tanggal 10 April 1901, sebuah percobaan yang tidak biasa dilakukan di Dorchester, Massachusetts. Dr Duncan MacDougall akan membuktikan bahwa jiwa manusia memiliki massa, dan dapat diukur.

Dr MacDougall melakukan percobaan ini pada enam pasien sekarat yang ditempatkan pada Fairbanks khusus  yang dibuat dalam skala berat sesaat sebelum kematian mereka. Niat Dr MacDougall adalah untuk menimbang berat badan setiap pasien sebelum dan sesudah kematian untuk menentukan perbedaan ukuran dengan menggunakan skala halus. Para pasien dipilih berdasarkan kematian dekat mereka. Dua pasien ada yang menderita TBC, 5 adalah laki-laki dan ada satu perempuan.

Di perusahaan empat dokter lainnya, Dr MacDougall hati-hati mengukur berat badan pasien pertamanya sebelum kematiannya. Setelah pasien meninggal, sebuah peristiwa menarik terjadi.  

    "Tiba-tiba, bertepatan dengan kematian," tulis Macdougall, "salah satu ujung balok pengukur miring ke bawah dan konsisten pada posisinya, dan didapati ada perbedaan berat tiga perempat ons antara kedua ujung balok" .  

Percobaan dilanjutkan pada pasien berikutnya dengan hasil yang sama. Dr MacDougall merasa dia menuju ke sesuatu yang luar biasa. Sebuah kutipan dari 11 Maret 1907 artikel New York Times menangkap momen bersejarah itu.

 "percobaan berhenti ketika panci skala berlawanan jatuh dengan tiba-tiba yang mengejutkan - seolah-olah sesuatu telah tiba-tiba diangkat dari tubuh itu. dan segera proses penghitungan dimulai dan didapati bahwa panci itu telah kehilangan beberapa ons ".

Semua lima dokter melakukan pengukuran mereka sendiri dan membandingkan hasil mereka. Tidak semua pasien kehilangan berat badan yang sama, tetapi mereka kehilangan sesuatu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sayangnya, hanya empat dari enam pasien hasil yang dapat dihitung karena kegagalan mekanis atau pasien sekarat sebelum alat uji berada di tempat.

Tapi bagaimana dengan penurunan berat badan yang konsisten? Semuanya diperhitungkan, dari udara di paru-paru ke cairan tubuh. Masih tidak dapat dijelaskan. Sebuah variasi yang menarik terjadi pada pasien ketiga, yang mempertahankan berat badan yang sama dengan segera setelah kematian. Tapi setelah satu menit, dia kehilangan sekitar satu ons berat badan. Dr MacDougall menjelaskan perbedaan ini sebagai berikut:   

  "Saya percaya bahwa dalam kasus ini, bahwa seorang pria apatis lambat pemikiran dan tindakan, bahwa jiwa tetap tersuspensi dalam tubuh setelah kematian, selama menit yang berlalu sebelum kebebasannya. Tidak ada cara lain untuk menghitung itu, dan itu adalah apa yang mungkin diharapkan terjadi pada seorang yang temperamen ". 

Setelah percobaan dan konsultasi dengan dokter lain, ditetapkan bahwa penurunan berat badan rata-rata setiap orang adalah ¾ per ons. Dr MacDougall menyimpulkan bahwa jiwa manusia ditimbang 21 gram.

Dr MacDougall melakukan eksperimen yang sama pada 15 anjing. Percobaan menunjukkan tidak ada perubahan dalam berat badan setelah kematian mereka. MacDougall menyimpulkan bahwa hal ini mungkin menandakan bahw hanya manusia yag memiliki jiwa

H. LaV. Twining, seorang guru fisika Sekolah Tinggi Politeknik di Los Angeles, mencoba percobaan yang sama pada tikus pada 1917. Kesimpulannya ini sejalan dengan Dr MacDougall. Tidak ada penyimpangan berat ketika tikus mati.

Dr MacDougall adalah seorang dokter yang dihormati Haverhill dan kepala Research Society yang melakukan pekerjaan di bidang ini selama enam tahun sebelum percobaan. Meskipun percobaan ini akan dianggap tidak etis di zaman modern, namun masih merupakan keganjilan yang memicu banyak kritik, mulai dari metodologi yang digunakan untuk berbagai implikasi keagamaan.

Dr MacDougall mengakui bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, tetapi mengikuti eksperimen ini, Dr MacDougall mengalihkan perhatiannya untuk memperoleh kemampuan untuk memotret jiwa saat meninggalkan tubuh manusia. Sayangnya, setelah percobaan berat badan jiwa, Dr MacDougall gagal membangun setiap terobosan ilmiah lebih lanjut. Dr Duncan MacDougal meninggal pada tahun 1920.
  

Catatan: Sebuah film besar berjudul "21 Grams" dibuat pada tahun 2003 berdasarkan percobaan Dr MacDougall itu. Klik di sini untuk lebih jelasnya.     



Terima kasih sudah membaca dan tolong tinggalkan komentarnya......

1 Response to "Teori 2i Gram (Jiwa memiliki Berat)"

Blog ini ber PageRank 3. Berkomentarlah yang baik dan relevan. Siapa tahu mas/mba bisa dapat backlink dari blog ini :)