10 Penemuan Penting dalam Bidang Astronomi

blogger templates
Secara harfiah, Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata ruang angkasa termasuk objek-objek di dalamnya. Dengan perkembangan tekhnologi sekarang, sedikit demi sedikit kita bisa mencapai level baru dalam ilmu astronomi. Segala penelitian pun dilakukan untuk menjelajahi ruang angkasa. Dan hasilnya, banyak penemuan-penemuan yang sangat luar biasa dalam bidang astronomi tersebut. Berikut 10 Penemuan Penting dalam Bidang Astronomi dan betapa pentingnya penemuan itu bagi kita.

10. Pergerakan bintang-bintang dan planet-planet


Penemuan ini menjadi dasar dari konsep astronimi modern. Sejak dulu para peneliti melacak pergerakan bintang-bintang dan planet-planet yang berputar seperti bola yang menggelinding. Kesadaran bahwa bintang-bintang dan planet-planet mempunyai lintasan yang tetap serta pola yang predicable, bersama dengan penemuan bahwa planet-planet bergerak mengikuti lintasan mereka sendiri adalah konsep paling dasar dalam ilmu astronomi dan astrologi.

9. The heliocentric model

Butuh waktu agar model Copernicus agar diterima dikalangan ilmuwan. Sejak saat itu akhirnya penemuan ini menjadi dasar dari revolusi ilmiah. Ini menghilangkan banyak masalah yang disebabkan karena modelgeosentris lama ( Sulit membuat perhitungan yang akurat jika kita berpikir bahwa bumi itu tidak bergerak ). Itu semua membuat kita mengetahui bahwa bumi bukanlah pusat dari alam semesta. Terima kasih, Copernicus.

8. Hukum kepler

 
Gerakan ini berarti jarak antara planet-planet dan matahari dapat berubah sewaktu-waktu, Dan hal itu sangat penting jika kita ingin mencari tahu seberapa jauh jarak suaty planet dan seberapa cepat plenet itu bergerak ( Semakin dekat jaraknya dengan matahari, maka semakin cepat pula pergerakannya ). Berkat Hukum Kepler, Astonom dapat memprediksi pergerakan planet dengan akurasi yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

7. The moons of jupiter


Ingat saat Saya mengatakan bahwa butuh waktu agar model heliosentris agar dapat diterima ??
Penemuan Galileo adalah bagian paling penting dari bukti yang diajukan untuk mendukung teori copernicus (  Bulan adalah bukti tak terbantahkan bahwa ada benda langit lain yan mengorbit selain bumi ). Merekami juga membuktikan bahwa planet-planet lain selain bumi memiliki bulan. Sehingga dalam kasus ini menjelaskan bahwa planet kita ini tidaklah spesial dibandingkan planet-planet lain.

6. Herschel's map


Pembuatan peta hampir tidak dianggap lagi sebagai sebuah penemuan. Tetapi Peta Herschel sangatlah penting, Karena peta itu mengungkapkan bentuk dan ukuran galaksi bima sakti . Tidak hanya bahwa peta ini juga mengungkapkan ukurang Bima Sakti yang jauh lebih besar dari sebelumnya yang telah diperkirakan, tetapi peta ini juga mengungkapkan bahwa dalam lintasan yang berbentuk piringan itu, ternyata matahari kita terletak sangat jauh dari pusat. Kerja keras Herschel membersihkan banyak kesalahpahaman tentang sudut kita sendiri dalam alam semesta.

5. Teori relativitas

Untuk mempelajari tentang teori relativitas, Anda mungkin perlu mempelajarinya dari guru fisika Anda. Sedikit masukan dari saya, bahwa teori ini telah digantikan oleh teori Newton tentang mekanika dan telah menjadi dasar dari ilmu astronomi selama 200 tahun. Einsten berpendapat bahwa gerak itu relatif, dan mengajukan konsep bahwa waktu tergantung pada kecepatan. Cara berpikir yang baru ini digunakan untuk memecahkan berbagai masalah astronomi yang tidak mungkin dapat dipecehkan apabila menggunakan teori Newton. Dan memberi Astronom cara beru untuk berpikir tentang cara kerja alam semesta.

4. The expanding universe


Penemuan pertama Hubble mengubah pemikiran kita tentang ukuran alam semesta. Itu adalah bukti pertama yang kita punya bahwa alam semesta mempunyai ukuran yang benar-benar, sangat, sangat besar. Teori keduanya menawarkan dukungan utama bagi Teori Big Bang tentang bagaimana alam semesta lahir.

3. Radio astronomy

Para ilmuwan yang menindaklanjuti penemuan Jansky menemukan bahwa ada berbagai macam gelombang radio datang pada kita dari ruang, dan sumber-sumber kebanyakan mereka adalah benda-benda langit yang tidak dapat dilihat dengan metode lain. Radio astronomi segera berubah menjadi kebun besar yang sudah bertanggung jawab untuk penemuan banyak bintang dan galaksi, serta menemukan berbagai obyek baru seperti quasar dan pulsar. Saya tidak tahu apa mereka, tetapi mereka terdengar luar biasa sehingga penemuan ini tentu saja penting.

2. Cosmic microwave background radiation


CMBR menawarkan teori lebih lanjut untuk mendukung teori Big Bang. Idenya adalah bahwa radiasi ini telah ada sehak dimulainya proses Big Bang. Dan telah menyebar untuk mengembangkan alam semesta ( Lihat nomor empat ). Teori itu cukup mengubah teori Big Bang dari teori yang diperdebatkan menjadi penjelasan utama mengenai asal-usul kita. Penzias dan Wilson memenangkan hadiah nobel untuk pekerjaan mereka. Dan seperti yang kita tahu, tidak ada orang yang akan mendapatkan nobel kecuali mereka yang benar-benar berhak menerimanya.


1. Extrasolar Planets


Sejak dulu telah ditemukan adanya planet extrasolar. Dan sejak saat itu, banyak metode yang digunakan untuk menemukan lebih banyak lagi planet extrasolar. Hingga saat ini hampir 500 planet extrasolar telah ditemukan. Dan itu hanya awal. Sebanyak apapun planet itu ditemukan, hanya masalah waktu sampai penemuan astronomi paling penting dalam sejarah dibuat: Sebuah planet penuh Alien yang baik hati dan seksi. Bergegaslah para ilmuwan.


Yap, itu saja sajian menarik untuk Anda nikmati. Terima kasih dan tinggalkan komentarnya........







 

3 Responses to "10 Penemuan Penting dalam Bidang Astronomi"

  1. terimakasih gan....
    jangan bosan-bosan nongkrong disini...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Blog ini ber PageRank 3. Berkomentarlah yang baik dan relevan. Siapa tahu mas/mba bisa dapat backlink dari blog ini :)